Internet ???

PENTINGNYA KOMPUTER DAN JARINGAN INTERNET DI SEKOLAH.

Derasnya arus Tehnologi Informasi khususnya tehnologi komputer dan jaringan internet sudah merambah sampai ke pedesaan. Ini dapat dilihat dari banyaknya warnet yang menyebar di kota-kota kecil, juga dibukanya jaringan internet untuk pendidikan Jardiknas. Siap atau tidak siap kita sebagai manusia yang hidup di abad ini harus mengikuti arus tersebut
Namun disayangkan sumber daya manusia kita masih belum siap dan yang lebih memprihatinkan lagi dunia pendidikan kita juga belum siap, banyak sekolah yang belum memiliki jaringan internet, guru-gurunya juga banyak yang belum biasa memanfaatkan internet, padahal banyak warnet di sekitar sekolah atau tempat tinggalnya. Banyak sekolah-sekolah yang sebenarnya mampu menyediakan fasilitas komputer dan jaringan internet tapi tidak mau menyediakan fasilitas tersebut dengan alasan keterbatasan dana dan keterbatasan sumber daya manusianya.

Prof. Dr. Azis Wahab, M.A. (Ed) Direktur Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam orasi ilmiah dalam rangka pelaksanaan Wisuda X STKIP Garut dan Wisuda I AMIK Garut mengungkapkan betapa pentingnya komputer dan jaringan internet, “Pengadaan perangkat komputer dan pengetahuan pemanfaatannya sudah merupakan sesuatu yang harus terutama dalam memasuki abad ke 21 dan dalam rangka mempersiapkan diri menerima wewenang otonomi pendidikan”.
Ada beberapa alasan menurutnya, yaitu :
1. Informasi yang disimpan secara elektronik memiliki fleksibilitas dalam mengkakses dan dalam pemanfaatannya yang sudah tidak mungkin dilakukan melalui sistem penanganan informasi dengan cara lama. Komputer juga menyediakan begitu banyak kemudahan dalam mengelola informasi dalam arti menyimpan, mengambil kembali dan pemutahiran informasi.
2. Komputer juga merupakan alat yang memiliki kemampuan luar biasa dalam membantu memanfaatkan informasi itu dalam rangka pengambilan keputusan dan pemecahan masalahan secara kreatif. Kemampuan komputer juga untuk memanipulasi dan menyusun kembali informasi untuk kepentingan khusus pemakai menjadikannya menjadi alat yang efektif dalam tugas menganalisis dan menanfsirkan kecenderungan yang terjadi, pengujian hipotesisi dan identifikasi kecenderungan baru program-program sekolah.
3. Dengan menempatkan komputer di bawah kendali langsung kepala sekolah akan menjadi alat yang amat ampuh untuk pengelolaan dan pemrosesan informasi sebuah kemampuan yang mengantarkan langsung informasi secara cepat kehadapan kepala sekolah dan juga kepada pimpinan lainnya.
Betapa pentingnya jaringan komputer sehingga sekolah-sekolah perlu menyediakan fasilitas tersebut, sekaligus memberikan pelatihan pada guru-guru untuk menambah kompetensinya di dunia pendidikan.

sumber : http://matematikaitah.blogspot.com


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Internet ???"

Posting Komentar