Jangan Sepelekan Masalah Gusi!


JANGAN pernah menyepelekan masalah pada gusi. Sebab, penyakit yang menyerang hampir setengah orang Amerika ini adalah pemicu datangnya masalah pada jantung.

Seperti dilansir MSN, Selasa (22/12/09), tim medis yang menangani pasien dengan keluhan pada gusi dan dokter yang menangani pasien penyakit jantung bekerja sama dengan satu pesan: berurusan dengan satu penyakit dapat membantu orang lain menghindarinya.

Tahun lalu, jurnal utama yang membahas tentang jantung dan jurnal periodontal secara bersamaan menerbitkan sebuah konsensus yang menggambarkan hubungan antara kedua penyakit. Kerja sama ini mendesak dua dokter dari latar belakang berbeda untuk melihat tubuh secara keseluruhan, bukan bagian yang terpisahkan.

“Isi teori ini, jika Anda mempunyai beberapa peradangan di satu bagian tubuh, itu akan menghancurkan bagian tubuh lain, apakah jantung, gusi, atau lainnya,” jelas David Cochran DDS, mantan President American Academy of Periodontology yang juga Profesor University of Texas Health Sciences Center, San Antonio.

Studi tersebut juga menunjukkan, olahraga teratur dan terapi pengurangan stres memiliki efek antiperadangan. Selain olahraga, tentu saja pemeriksaan gigi teratur. Mengonsumsi jenis makanan tertentu juga membantu Anda melindungi gusi serta jantung.

Nah, agar Anda dapat merawat kesehatan mulut, berikut ini EatingWell mengulas makanan yang baik untuk gusi serta jantung.

Kismis

Mungkin Anda berpikir, kismis yang manis dan lengket tidak baik untuk kesehatan mulut. Tapi, sebuah penelitian yang dikutip EatingWell membuktikan sebaliknya. Antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya berbagai macam tipe bakteri penyebab inflamasi dan penyakit gusi.

Teh hijau

Para peneliti melaporkan hasil temuan berkait rutinitas mengonsumsi teh hijau. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan fakta, pria Jepang yang rajin minum teh hijau secara signifikan risikonya terhadap penyakit gusi menurun.

Para peneliti percaya bahwa antioksidan pada teh hijau yang disebut katekin adalah kuncinya. Katekin menghambat respons inflamasi tubuh terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.

Gandum

Studi yang dihelat American Journal of Clinical Nutrition menemukan, pria yang makan empat kali atau lebih mengonsumsi makanan berbasis gandum, risikonya terhadap penyakit periodontal menurun sebanyak 23 persen.

“Bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana (nasi putih, roti, mie), makanan berbasis gandum (oatmel dan nasi merah) dicerna tubuh lebih lambat. Nyatanya, karbohidrat sederhana ampuh dalam menaikkan glukosa darah,” kata pimpinan studi, Anwar Merchant DMD ScD, yang juga epidemiologis University of South Carolina.

Menghindari lonjakan produksi gula darah, itu berarti menurunkan risiko terkena penyakit gusi dan penyakit jantung. (ftr)
(tty)

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/12/22/27/287326/27/jangan-sepelekan-masalah-gusi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Jangan Sepelekan Masalah Gusi!"

Posting Komentar