Lampu Natal Ganggu Koneksi WiFi


LONDON - Perayaan Natal segera tiba. Hari istimewa ini umumnya ditandai dengan hiasan lampu aneka warna yang dipasang di setiap rumah umat Kristiani, sudut pusat perbelanjaan, atapun di sepanjang jalan.

Namun, kemeriahan kerlap kerlip cahaya lampu tersebut rupanya berpengaruh terhadap koneksi WiFi. Penyedia layanan internet asal Inggris Talk Talk telah mengingatkan bahwa nyala lampu dari pohon Natal bisa mengganggu sinyal WiFi di sekitar rumah.

Talk Talk menyebutkan, pada periode menjelang Natal dan tahun baru jumlah keluhan konsumen meningkat terutama soal koneksi WiFi yang naik turun dan kecepatan broadband yang lebih lambat dari kecepatan normal.

"Setelah diselidiki, keluhan terbanyak diakibatkan oleh gangguan dari cahaya lampu Natal," kata Senior Manager Talk Talk Sylvain Thevenot seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (24/12/2009).

"Berdasarkan pengalaman kami, cahaya lampu di rumah seperti lampu pohon Natal dapat mengganggu sinyal koneksi wireless dan mengurangi kecepatan broadband hingga 25 persen," tambahnya.

Thevenot pun menyebutkan, umumnya pengguna broadband sangat waspada terhadap gangguan yang disebabkan oleh sinyal jaringan telepon. Namun mereka tidak menyadari faktor lain yang bisa mempengaruhi performa internet.

"Meski hal ini terdengar konyol, namun nyatanya gangguan dari kerlap kerlip cahaya lampu dan juga pemasangan kabel di rumah menjadi masalah yang bisa mengganggu kinerja WiFi," tandasnya. (rah)


sumber : http://techno.okezone.com/read/2009/12/23/55/287771/lampu-natal-ganggu-koneksi-wifi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Lampu Natal Ganggu Koneksi WiFi"

Posting Komentar