Keterkaitan dan Implementasi dari grafik komputer & pengolahan citra dan game technologi

Grafik Komputer

bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari -jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality.

Kebanyakan aplikasi-aplikasi grafik komputer melibatkan:
1. Rendering
2. Modeling
3. Animasi-> sekumpulan gambar statis yang digerakan dengan kecepatan tertentu(fps) sehingga menghasilkan gambar yang seolah-olah bergerak
4. Interaksi


Pengertian Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang.
Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik. Bidang studi yang menyangkut hal ini adalah pengolahan citra (image processing).

Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. Jadi, masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan. Termasuk ke dalam bidang ini juga adalah pemampatan citra (image compression).

Game Technologi

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Tipe-tipe Game Engine
- Roll-your-own game engine
- Mostly-ready game engines
- Point-and-click engines

Jenis –jenis game

a)Gratis(Freware)

- Aleph One Axiom Engine Allegro library Blender3D

- Box2D Build engine Cafu Engine Lua ClanLib

- Crystal Space Cube Cube 2 DarkPlaces

- Delta3d id Tech 1 DXFramework Ethanon Engine

- Exult Genesis3D Genesis Device Glest

- id Tech 2 id Tech 3 ika ioquake3

Sphere
b)Berbayar


- Alamo A.L.I.V.E. Aurora Engine BigWorld
- BRender C4 Engine Cafu Engine Coldstone game engine
- CPAL3D CryEngine, CryEngine 2, CryEngine 3 Crystal Tools


JADI, Keterkaitan dan Implementasi dari Grafik Komputer & Pengolahan Citra dan Game Technologi yaitu jika kita ingin membuat suatu game,maka dibutuhkan grafik komputer dan pengolahan citra. Pertama membuat game,kita harus menggunakan grafik untuk membuat gambar-gambar yang akan dibutuhkan dalam game tersebut, setelah grafik sudah dibuat maka grafik-grafik tersebut disempurnakan oleh pengolahan citra, agar gambar yang kita buat lebih indah dan lebih terfokus. setelah itu dibutuhkan game technologi untuk merancang video game yang kita minati, jadi antara grafik komputer, pengolahan datan dan game technologi saling berkaitan.





Sumber : 1. http://www.va-media.com/forum/showthread.php?tid=1822
2. http://reddevil-cupu.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Keterkaitan dan Implementasi dari grafik komputer & pengolahan citra dan game technologi"

Posting Komentar