PROPOSAL PI

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah

Sejalan dengan perkembangan transportasi saat ini kereta api adalah salah satu transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari transportasi kereta api banyak digunakan karena cukup ekonomis dan dapat diunggulkan untuk membantu segala macam aktivitas. Selain itu, transportasi kereta api juga banyak digunakan untuk pemanfaatan bertujuan bekerja, berusaha dan untuk pendidikan. Penggunaan transportasi kereta api dalam pemesanan tiket khususnya yang berlebihan pada stasiun penjualan dapat menimbulkan antrian panjang dan kerugian waktu yang sangat lama. Tidak terlepas dari tranportasi, komunikasi merupakan hal terpenting dalam masyarakat yang menggunakan tranportasi kereta api untuk membantu dalam berkomunikasi contohnya telephone genggam. Telephone genggam banyak digunakan karena cukup ekonomis dan dapat diunggulkan untuk membantu aplikasi perkantoran hingga dibidang aplikasi pendidikan. Selain itu, telephone genggam juga banyak digunakan untuk pemanfaatan animasi 3 dimensi, dari permainan 3D yang ringan hingga untuk film 3D.
Manusia mengandalkan telephone genggam untuk berkomunikasi, bekerja ataupun bermain sehingga tidak memperhatikan kemampuan aplikasi dari telephone genggam untuk pemanfaatan yang lebih bermanfaat dalam segi membantu aktivitas transportasi.
Penulis mencoba membuat salah satu aplikasi untuk membantu kemudahan transportasi pada kereta api yaitu dengan judul penulisan PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN TIKET KERETA API PADA MOBILE PHONE MENGGUNAKAN NetBeans 6.9 IDE. Aplikasi ini dapat menampilkan seperti : jenis kelas kereta api, tujuan keberangkatan, biaya pemesanan tiket, biaya transfer uang , nama pemesan tiket, jumlah pemesan tiket, dan waktu keberangkatan. Aplikasi ini menggunakan perangkat lunak Java NetBeans 6.9 IDE yang berfungsi untuk memasukkan kode-kode dan sebagai pengantarmukaan aplikasi pada telephone genggam agar keluaran yang diinginkan dapat ditampilkan pada layar telephone genggam.

1.2.Ruang Lingkup

Ruang Lingkup yang akan dibahas pada penulisan ilmiah ini adalah membuat APLIKASI PENJUALAN TIKET KERETA API PADA MOBILE PHONE MENGGUNAKAN NetBeans 6.9 IDE, aplikasi ini digunakan untuk jenis kelas kereta api, tujuan keberangkatan, biaya pemesanan tiket, biaya transfer uang , nama pemesan tiket, jumlah pemesan tiket, dan waktu keberangkatan.

1.3.Tujuan

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk menjelaskan cara aplikasi penjuanlan tiket kereta api yang dapat digunakan pada telephone genggam . Pada akhirnya aplikasi ini dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk menggantikan waktu dan tenaga yang terbuang.

1.4.Metode Penelitian

Dalam tulisan ilmiah ini, digunakan metode penelitian dari berbagai sumber diantaranya, yaitu:

a.Penelitian Pustaka, yaitu dengan mengambil data yang berasal dari berbagai sumber buku dan internet yang mana buku dan internet tersebut dijadikan suatu pedoman acuan dalam penulisan ini.
b.Riset, penulis melakukan riset dengan membuat aplikasi penjualan tiket kereta api, yaitu :

1.Pengumpulan data
2.Perancangan diagram blok
3.Pembuatan program
4.Integrasi perangkat lunak dan telephone genggam
5.Melakukan pengujian aplikasi terhadap telephone genggam :
4.Hasil dari uji coba tersebut akan dimasukan kedalam hasil tampilan pengujian telephone genggam

1.5.Sistematika Tulisan Ilmiah

Sistematika dari tulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab yaitu bab pendahuluan, bab tinjauan pustaka, bab pembahasan, dan yang terakhir peuntup.

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini berisikan tentang uraian singkat mengenai latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, metode penelitian, dan sistematika tulisan ilmiah.


BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisikan tentang teori dasar yang berhubungan dengan aplikasi yang dibuat seperti teori dasar yang terkandung pada aplikasi penjualan tiket kereta api.

BAB 3 PEMBAHASAN

Bab ini membahas tentsng langkah-langkah untuk pembuatan design tampilan, struktur navigasi, penulisan dan penjelasan script program

BAB 4 PENUTUP

Bab ini berisikan hasil tentang kesimpulan dari penulisan ilmiah ini dan saran yang konstruktif sebagai masukan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PROPOSAL PI"

Posting Komentar